EFEK KONVERGENSI MEDIA TERHADAP PEMBACA TRIBUN TIMUR
(Studi pada Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.3151Keywords:
Konvergensi Media, Efek, Pembaca, Media OnlineAbstract
Perkembangan teknologi informasi dari media konvensional ke media online, atau lebih dikenal dengan Konvergensi Media, menyebabkan persaingan yang ketat diantara perusahaan media untuk mempertahankan minat pembaca dan memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efek Konvergensi Media terhadap Pembaca Tribun Timur berdasarkan efek kognitif, afektif, dan behavioral yang dikemukakan oleh Steven H. Chaffee. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konvergensi Media yang terjadi di Tribun Timur mempengaruhi efek kognitif yaitu memberikan kemudahan mengakses berita dan jangkauannya lebih luas, sehingga pembaca lebih banyak dan cepat mendapatkan informasi. Efek afektif yaitu memberikan banyak pilihan kepada pembaca mengenai konten mana yang ingin digunakan untuk mendapatkan berita. Efek behavioral yaitu menunjukkan perubahan kebiasan atau kegiatan sehari-hari dalam mendapatkan informasi lewat berita. Hal ini membuktikan bahwa adanya perubahan yang terjadi sebelum dan setelah terjadinya konvergensi media
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication