EFEK KONVERGENSI MEDIA TERHADAP PEMBACA TRIBUN TIMUR

(Studi pada Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar)

Authors

  • Ahmad Syarif universitas muhammadiyah makassar
  • Arni Arni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Asri Fathia Dewi Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.3151

Keywords:

Konvergensi Media, Efek, Pembaca, Media Online

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dari media konvensional ke media online, atau lebih dikenal dengan Konvergensi Media, menyebabkan persaingan yang ketat diantara perusahaan media untuk mempertahankan minat pembaca dan memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efek Konvergensi Media terhadap Pembaca Tribun Timur berdasarkan efek kognitif, afektif, dan behavioral yang dikemukakan oleh Steven H. Chaffee. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konvergensi Media yang terjadi di Tribun Timur mempengaruhi efek kognitif yaitu memberikan kemudahan mengakses berita dan jangkauannya lebih luas, sehingga pembaca lebih banyak dan cepat mendapatkan informasi. Efek afektif yaitu memberikan banyak pilihan kepada pembaca mengenai konten mana yang ingin digunakan untuk mendapatkan berita. Efek behavioral yaitu menunjukkan perubahan kebiasan atau kegiatan sehari-hari dalam mendapatkan informasi lewat berita. Hal ini membuktikan bahwa adanya perubahan yang terjadi sebelum dan setelah terjadinya konvergensi media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28