Etika Komunikasi antara Mahasiswa dan Dosen dalam Interaksi Akademik melalui Media Digital

Authors

  • Kurniati Abidin Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
  • Wandi Wandi IAIN Bone

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.2672

Keywords:

Etika Komunikasi, Media Digital

Abstract

Fenomena yang terjadi saat ini bahwa masih adanya mahasiswa mengabaikan etika sopan santun yang sudah tertanam sejak dulu yang menjadi dasar bagi kehidupan perkuliahan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian etika komunikasi antara mahasiswa dan dosen dalam interaksi akademik melalui media digital. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan trigulasi berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan yakni teori strategi kesopanan Brown dan Levinson. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Mahasiswa dan Dosen pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam masing-masing menyadari tentang pentingnya penerapan etika dalam berkomunikasi melalui media digital, dan Mahasiswa sebagian besar sudah berperilaku sopan dan beretika dalam menghubungi dosen melalui media sosial, berdasarkan teori strategi kesopanan Brown dan Levinson yakni mahasiswa menggunakan konsep wajah negatif (negative face) dengan menyampaikan permohonan maaf, dan menggunakan pesan permintaan dan ancaman (FTA) disertai dengan kesopanan negatif. Namun masih terdapat beberapa Mahasiswa yang kurang beretika dalam menyampaikan pesan chat kepada Dosen melalui media sosial seperti menghubungi dosen pada waktu istirahat dan hari libur, penggunaan kalimat yang seakan-akan memerintah Dosen dan tidak menyebutkan identitas dan tujuan yang lengkap dan jelas. Adapun Upaya yang dilakukan Dosen dalam memaksimalkan etika komunikasi Mahasiswa seperti memberikan informasi berupa himbauan dan arahan tentang cara berkomunikasi yang baik melalui media sosial serta menegur secara langsung Mahasiswa jika menyampaikan pesan yang kurang etis atau kurang sopan kepada Dosen melalui media sosial.

 

Kata Kunci: Etika Komunikasi, interaksi akademik, media digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28