PENGELOLAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI STAIN MAJENE
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.2658Keywords:
Facebook; STAIN Majene; Media Sosial; SosialisasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya respon publik terhadap konten Facebook STAIN Majene sebagai media sosialisasi kampus. Fenomena ini terlihat dari minimnya tanggapan berupa like, materi yang dibagikan kembali, serta interaksi antara pengunjung dan pengelola pada setiap unggahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara terhadap 2 admin Facebook STAIN Majene, serta mengamati setiap tahap pengelolaan media sosial tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan konten Facebook STAIN Majene belum matang karena belum ada strategi dan segmentasi audiens yang jelas, serta pengelola belum dilengkapi peralatan yang cukup. Pada tahap produksi konten juga terlihat belum adanya perencanaan editorial, jumlah SDM yang kurang, serta tidak ada konten unggulan. TahapĀ unggahan konten menunjukkan upaya maksimal pengelola melalui hastag dan kata kunci pada unggahan, dan sudah ada konten kolaborasi, hanya saja perlu dilakukan secara rutin. Penelitian ini juga menunjukkan tahap evaluasi yang belum optimal, dikarenakan tidak ada indikator penilaian yang jelas, dan evaluasi belum dilakukan secara berkala.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan Facebook STAIN Majene sebagai sarana sosialisasi memerlukan pembenahan pada perancangan dan pembuatan konten, serta pelibatan media social specialist untuk memberikan pelatihan pengelolaan media sosial.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication