PERILAKU PELAKU CYBERBULLYING MELALUI INSTAGRAM
(Studi Fenomenologi Pada Remaja Perempuan di Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v5i2.1847Keywords:
Perempuan, Cyberbullying, PelakuAbstract
Penelitian membahas mengenai fenomena perilaku cyberbullying melalui media sosial instagram -dengan melihat sisi dari para pelaku. Dewasa ini, pengguna instagram terus meningkat, namun sayangnya hal ini tidak diikuti dengan literasi digital. Sehingga, sering kali instagram disalahgunakan. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian dengan metode kualitatif yang dalam pendekatannya menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam mendapatkan data terkait penelitian ini dilakukan menggunakan kerangka fenomenologis, di mana peneliti ingin fokus pada pengalaman sebagai pelaku yang dimiliki oleh remaja perempuan di Surabaya berkaitan dengan fenomena cyberbullying. Dari hasil wawancara dan didukung bukti di akun instagram para informan sebagai pelaku cyberbullying, peneliti melihat bahwa latar belakang perilaku pelaku cyberbullying sangat dekat dengan dorongan balas dendam. Para pelaku cyberbullying sangat memanfaatkan instagram sebagai sarana mereka melancarkan aksinya karena instagram menjadi salah satu aplikasi yang amat populer di berbagai kalangan -terutama para remaja dan instagram mempersilahkan kebebasan dalam bertindak dan bersikap.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication