PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI CITY BRANDING DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Suroboyobus sebagai City Branding oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v5i2.1733Keywords:
Kata Kunci: City Branding; Media Sosial; Dinas Perhubungan Kota SurabayaAbstract
ABSTRAK
Dinas Perhubungan Kota Surabaya memanfaatkan media sosial yaitu media sosial Instagram (dengan akun @suroboyobus) sebagai tempat untuk berbagi informasi terkait bus baru dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Dengan adanya akun Instagram tersebut, diharapkan masyarakat khususnya pengguna Instagram baik dari dalam ataupun luar Kota Surabaya dapat lebih mengenal alat transportasi umum yang telah difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menjelaskan secara detail mengenai pemanfaatan media sosial Instagram sebagai city branding Dinas Perhubungan Kota Surabaya (studi deskriptif kualitatif pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus sebagai city branding oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berupa beberapa orang yang terkait dengan akun media sosial Instagram @suroboyobus seperti Humas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, admin akun Instagram @suroboyobus, dan pengikut akun media sosial @suroboyobus. Sedangkan objek penelitian yaitu pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus sebagai media city branding bagi Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Hasil yang diperoleh oleh peneliti dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa kehadiran akun Instagram @suroboyobus menarik minat masyarakat, selain itu pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya dikelola dengan sangat baik dan telah berhasil sebagai salah satu upaya dalam city branding Kota Surabaya sebagai kota yang Smart City.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication