PEMBERDAYAAN HUMAS SKPD DALAM MENUNJANG EMPAT PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v2i1.156Keywords:
humas, penyebaran informasi, empat program unggulanAbstract
Kinerja Humas dalam suatu instansi sangat penting dalam rangka penyebaran informasi kepada publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) strategi pemberdayaan Humas SKPD oleh Biro Humas Protokol Provinsi Gorontalo; (2) memberi gambaran tentang potensi Humas SKPD dari prespektif SDM dan dukungan infrastruktur; dan (3) mendeteksi kendala dan memberikan solusi terhadap strategi penyebaran informasi empat program unggulan pemerintah Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan Humas SKPD oleh Biro Humas dan Protokol berjalan tidak efektif. Personil Biro Humas Protokol secara kualitas dan kuantitas belum mampu mengelola informasi dari Humas SKPD karena sibuk dengan tugas peliputan dan publikasi kegiatan pimpinan. Akibatnya jumlah berita rendah ditambah dengan minimnya pemanfaatan media massa dan online. Humas SKPD di sisi lain, tidak mampu bekerja secara maksimal karena terkendala pada tidak adanya spesialisasi tugas, rendahnya SDM dan dukungan dari organisasinya. Untuk mengefektifkan penyebaran informasi dari SKPD, maka perlu ditunjuk dan diangkat Petugas Humas dari jalur profesional yang memiliki pengalaman kerja di bidang jurnalistik atau dengan latar belakang pendidikan kehumasan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication