ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMUN 1 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v2i1.155Keywords:
Media Sosial, Proses PembelajaranAbstract
Pemanfaatan Media Sosial dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa SMUN 1 Makassar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) alasan siswa menggunakan jenis media sosial tertentu; dan (2) bagaimana pemanfaatan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, focus group discussion, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model Interaktif Miles dan Hubberman melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan jenis media sosial yang diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu; Line sebagai sumber informasi utama dan Instagram, WhatsApp, Twitter, BlackBerry, Facebook, Path, SnapChat, Youtube sebagai sumber informasi pendukung dalam menunjang proses pembelajaran. Alasan Line digunakan sebagai sumber informasi utama karena selain dapat difungsikan sebagai wadah untuk memperoleh/mencari (searching) beragam informasi terkait mata pelajaran sekolah serta informasi lainnya, Line dapat difungsikan pula sebagai wadah untuk berbagi (sharing) informasi serta membantu memudahkan dalam berkomunikasi secara lebih efisien. Alasan informan menggunakan delapan jenis media sosial lainnya sebagai sumber informasi pendukung karena kedelapan jenis media sosial tersebut memiliki beragam keunggulan yang dapat difungsikan sebagai wadah untuk memperoleh/ mencari (searching) beragam informasi umum serta menambah wawasan, tetapi tidak berfungsi sebagai wadah untuk berbagi (sharing) informasi. Sementara itu, Informan memanfaatkan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran dengan cara melihat dan membagi informasi dalam bentuk foto, word, power point atau video tutorial.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication