DAYA TAHAN BISNIS MEDIA CETAK DITENGAH MARAKNYA PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DI KOTA MAKASSAR (SKH FAJAR DAN SKH TRIBUN TIMUR)

Authors

  • Nur Hasni1), Hafied Cangara2), Jeanny Maria Fatimah3)

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v2i1.154

Keywords:

Strategi media, eksistensi media cetak, media online

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi membuat persaingan industri media cetak  semakin ketat. Surat kabar tak lagi hanya berkompetisi dengan sesama  media cetak, radio, televisi saja namun kehadiran media online juga menjadi saingan bisnis untuk mendapatkan iklan serta menarik perhatian pembaca. Tidak mudah bagi bisnis media cetak seperti surat kabar untuk tetap bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat dengan kehadiran media online..Penelitian ini adalah metode  campuran (mixed methods). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif untuk menganalisa daya tahan bisnis Surat Kabar Harian Fajar dan Surat Kabar Harian Tribun Timur ditengah maraknya penggunaan media online di kota Makassar, sementara untuk menjawab rumusan masalah kedua tentang bagaimana strategi yang dilakukan oleh kedua media tersebut agar tetap bertahan di industri bisnis media cetak dilakukan dengan analisa SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pertumbuhan pembaca pada media online, akan tetapi dari segi pertumbuhan iklan media cetak masih bertumbuh jauh dibawah media online. Kehadiran Fajar.com dan TribunNews.com dari segi pembaca memang mengalami peningkatan, akan tetapi pemasukan iklannya tidak sampai 5 % dari omset koran. Sampai saat ini,di kota Makassar pengiklan masih memilih SKH Fajar dan SKH Tribun timur untuk dijadikan media beriklan. Pada posisi seperti ini diperlukan strategi pengembangan produk yang tepat untuk meningkatkan pembaca dan pengingklan . Penentuan strategi alternatif yang dilakukan SKH Tribun Timur dan SKH Fajar diperoleh dari analisa SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles