PENGARUH PENGGUNAAN EMOJI TERHADAP PERSEPSI KOMUNIKAN ATAS UMPAN BALIK NEGATIF PADA WHATSAPP

(Survei Pada Mahasiswa Universitas Telkom Angkatan 2017)

Authors

  • Rafi Parulian Siregar Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1417

Keywords:

Liking emoji, Disliking emoji, Presepsi komunikan

Abstract

Emoji merupakan representasi grafis dari ekspresi wajah yang di aplikasikan oleh banyak pengguna teks dalam mengirim pesan. Kehadiran butir-butir emoji pada CMC merupakan bentuk atau upaya mengantisipasi keterbatasan bahasa nonverbal pada pesan teks. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan emoji terhadap persepsi komunikan (mahasiswa) atas umpan balik negatif. Konteks pada penelitian ini adalah penyampaian pesan dari mahasiswa terhadap dosen pembimbing. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Data telah terkumpul oleh penulis secara online melalui kuisioner kepada 380 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dalam proses analisis data yang dilakukan melalui SPSS IBM versi 25. Berdasarkan hasil analisis data maka Penggunaan emoji Liking emoji (X1) dan Disliking emoji (X2) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap presepsi komunikan atas umpan balik negative sebesar 0,509 atau 50,9% sedangkan 49,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

 

Kata kunci: Liking emoji, Disliking emoji, Presepsi komunikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31