P PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 4 WONOMULYO

Authors

  • Sri Yuyun S.IP Universitas Al Asyariah Mandar

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1277

Keywords:

Penelitian ini membahas tentang Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Orang Tua, Siswa dan Guru. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian bahwa teknologi Komunikasi berperan penting pada proses pembelajaran sebagai media antara guru dan siswa pada masa pandemi. Dimana Teknologi komunikasi menyiapkan aplikasi yang beragam sehingga memudahkan Guru dan Siswa untuk memilih aplikasi tersebut sesuai kemampuan Guru, siswa, orang tua dan jangkauan internet. Selain itu Peran orang tua tak kalah penting untuk mendampingi anak-anak pada proses pembelajaran secara daring. Adapun hambatan yang dihadapi pada pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan teknologi menjadi hal baru bagi beberapa orang tua dalam mendampingi anak-anaknya pada proses pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan tentang teknologi (Gaptek), tidak semua wilayah tempat tinggal siswa dapat dijangkau internet, Siswa dan orang tua kurang memahami materi, Kesibukan orang tua dengan berbagai pekerjaan dan Siswa tidak memiliki fasilitas untuk belajar daring. Simpulan teknologi Komunikasi berperan sebagai media atau sarana yang digunakan guru, dan siswa pada pembelajaraan daring, dan sebagai media komunikasi dan konsultasi bagi Guru, siswa dan Orang tua. Kata Kunci: Teknologi Komunikasi, Orang Tua, Guru, Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Orang Tua, Siswa dan Guru. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian bahwa teknologi Komunikasi berperan penting pada proses pembelajaran sebagai media antara guru dan siswa pada masa pandemi. Dimana Teknologi komunikasi menyiapkan aplikasi yang beragam sehingga memudahkan Guru dan Siswa untuk memilih aplikasi tersebut sesuai kemampuan Guru, siswa, orang tua dan jangkauan internet. Selain itu Peran orang tua tak kalah penting untuk mendampingi anak-anak pada proses pembelajaran secara daring.  Adapun hambatan yang dihadapi pada pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan teknologi menjadi hal baru bagi beberapa orang tua dalam mendampingi anak-anaknya pada proses pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan tentang teknologi (Gaptek),  tidak semua wilayah tempat tinggal siswa dapat dijangkau internet, Siswa dan orang tua kurang memahami materi,  Kesibukan orang tua dengan berbagai pekerjaan dan Siswa tidak memiliki fasilitas untuk belajar daring.  Simpulan  teknologi Komunikasi berperan sebagai media atau sarana yang digunakan guru, dan siswa pada pembelajaraan daring, dan sebagai media komunikasi dan konsultasi bagi Guru, siswa dan Orang tua.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31