P PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 4 WONOMULYO
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1277Keywords:
Penelitian ini membahas tentang Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Orang Tua, Siswa dan Guru. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian bahwa teknologi Komunikasi berperan penting pada proses pembelajaran sebagai media antara guru dan siswa pada masa pandemi. Dimana Teknologi komunikasi menyiapkan aplikasi yang beragam sehingga memudahkan Guru dan Siswa untuk memilih aplikasi tersebut sesuai kemampuan Guru, siswa, orang tua dan jangkauan internet. Selain itu Peran orang tua tak kalah penting untuk mendampingi anak-anak pada proses pembelajaran secara daring. Adapun hambatan yang dihadapi pada pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan teknologi menjadi hal baru bagi beberapa orang tua dalam mendampingi anak-anaknya pada proses pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan tentang teknologi (Gaptek), tidak semua wilayah tempat tinggal siswa dapat dijangkau internet, Siswa dan orang tua kurang memahami materi, Kesibukan orang tua dengan berbagai pekerjaan dan Siswa tidak memiliki fasilitas untuk belajar daring. Simpulan teknologi Komunikasi berperan sebagai media atau sarana yang digunakan guru, dan siswa pada pembelajaraan daring, dan sebagai media komunikasi dan konsultasi bagi Guru, siswa dan Orang tua. Kata Kunci: Teknologi Komunikasi, Orang Tua, Guru, SiswaAbstract
Penelitian ini membahas tentang Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Teknologi Komunikasi dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Orang Tua, Siswa dan Guru. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian bahwa teknologi Komunikasi berperan penting pada proses pembelajaran sebagai media antara guru dan siswa pada masa pandemi. Dimana Teknologi komunikasi menyiapkan aplikasi yang beragam sehingga memudahkan Guru dan Siswa untuk memilih aplikasi tersebut sesuai kemampuan Guru, siswa, orang tua dan jangkauan internet. Selain itu Peran orang tua tak kalah penting untuk mendampingi anak-anak pada proses pembelajaran secara daring. Adapun hambatan yang dihadapi pada pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan teknologi menjadi hal baru bagi beberapa orang tua dalam mendampingi anak-anaknya pada proses pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan tentang teknologi (Gaptek), tidak semua wilayah tempat tinggal siswa dapat dijangkau internet, Siswa dan orang tua kurang memahami materi, Kesibukan orang tua dengan berbagai pekerjaan dan Siswa tidak memiliki fasilitas untuk belajar daring. Simpulan teknologi Komunikasi berperan sebagai media atau sarana yang digunakan guru, dan siswa pada pembelajaraan daring, dan sebagai media komunikasi dan konsultasi bagi Guru, siswa dan Orang tua.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication