the Contextual Branding “Thoughtful Indonesia” Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • ASCHARISA METTASATYA AFRILIA UNIVERSITAS TIDAR

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.1195

Abstract

Di tahun 2020 sektor pariwisata Indonesia menurun drastis sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Melihat kondisi tersebut, Kemenparekraf RI melakukan pergantian sementara branding pariwisata Indonesia dari Wonderfull Indonesia menjadi Thoughtfull Indonesia. Ini bertujuan untuk menunjukkan rasa empati di sektor pariwisata Indonesia terhadap situasi krisis yang ada sekaligus bertujuan untuk menjaga eksistensi sektor pariwisata Indonesia di mata dunia. Namun, perubahan contextual branding yang juga bagian dari strategi pemasaran pariwisata tersebut, belum diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini menjadi masalah, karena keberhasilan strategi komunikasi pemasaran dapat diketahui dari berhasil tidaknya pesan diterima oleh publik dengan tingkat awareness-nya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi contextual branding yang dilakukan Kemenparekraf merupakan bagian dari strategi komunikasi pemasaran kontekstual. Namun sayangnya, strategi tersebut belum dibarengi manajemen strategis dalam konteks komunikasi pemasaran secara maksimal sehingga berdampak pada tingkat brand awareness masyarakat yang rendah. Strategi yang dilakukan Kemenparekraf juga belum memanfaatkan secara maksimal viral marketing yang dapat digunakan untuk mendukung langkah contextual branding dalam strategi komunikasi pemasaran pariwisata tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-09