STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SUSTAINABLE FASHION BRAND IAMECCU MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1058Keywords:
strategi komunikasi kemasaran, media sosial instagram, sustainable, strategi pesan, strategi mediaAbstract
Baju, celana, topi, dan lain-lain sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kini muncul berbagai perusahaan fesyen yang mendominasi, yang disebut sebagai fast fashion. Fast fashion adalah mode fesyen yang dibuat dengan harga murah, dan tren yang berjalan dengan jangka pendek. Namun kini konsumen sudah mulai menyadari dampak manufaktur pakaian terhadap lingkungan. Sehingga tercipta konsep slow fashion yang bertentangan dengan konsep fast fashion dibentuk untuk mengurangi masalah pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh brand IAMECCU sebagai sustainable fashion brand melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Dalam penelitian data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, sumber buku, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi pemasaran yang efektif oleh Machfoedz yang terdiri dari strategi pesan dan strategi media. Dalam strategi pesan IAMECCU menentukan tujuan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens yaitu sebagai sustainable fashion brand dan menggunakan daya tarik rasional dan emosional. IAMECCU menggunakan Instagram sebagai media pemasaranya karena Instagram menjadi platform yang tepat bagi target audiensnya, dan menggunakan celah konsumen untuk mendapatkan respon yang maksimal dari audiens, selain itu IAMECCU juga menggunakan fitur pada Instagram untuk bisnis yang membantunya dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Namun IAMECCU masih harus mengembangkan startegi komunikasi pemasaran yang efektif yaitu dalam memberikan pesan yang lebih mendalam atau mendetail.
Kata Kunci: strategi komunikasi kemasaran, media sosial instagram, sustainable, strategi pesan, strategi media
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication