Strategi Komunikasi Pemasaran ChatAja Messenger (PT. Telekomunikasi Indonesia) di Media Sosial

Authors

  • Aulia Rizkiyah Fagita Universitas Telkom
  • Ratih Hasanah Sudrajat Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1052

Keywords:

aplikasi pesan instan, strategi komunikasi pemasaran, strategi pesan, strategi media, media sosial

Abstract

Chatting merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi orang di dunia, sehingga menggerakkan anak bangsa Indonesia untuk menciptakan aplikasi pesan instan bernama ChatAja Messenger. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui Strategi Komunikasi Pemasaran ChatAja Messenger di Media Sosial menggunakan konsep pemikiran Machfoedz pada Komunikasi Pemasaran Modern yaitu Strategi Komunikasi Pemasaran yang Efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam Strategi Pesan, Isi Komunikasi ChatAja memiliki 5 kategori yaitu product how to, review and testimonial, materi yang memancing obrolan dengan audience, jokes, dan hari besar namun dikondisikan lagi sesuai situasi. Bentuk kreatif pesan ChatAja menggunakan daya tarik pesan informasional dan emosional. Dalam Strategi Media, Pemilihan Media ChatAja menggunakan Instagram, Facebook, Youtube, LinkedIn, Twitter dan TikTok yang digunakan sesuai dengan jenis pesan dan Celah Konsumen di masing-masing media sosial memiliki perbedaan golden time, namun rata-rata berada di waktu jam 3 sore - 7 malam. Saran peneliti yaitu agar penelitian ini bisa menjadi acuan dan referensi bagi peneliti selanjutnya dan bisa ditinjau berdasarkan aspek dan pandangan yang berbeda agar menambah referensi pengetahuan di bidang strategi komunikasi pemasaran di media sosial. Peneliti berharap agar konten di media sosial ChatAja menggunakan beberapa tone warna saja agar visual terlihat simple dan tidak terlalu ramai sehingga pengguna akan tertarik untuk melihat konten-konten lainnya. Informasi yang diberikan pun harus lebih menonjolkan mengenai produk dibandingkan kategori informasi pendukung lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31