The Dynamics Transformation Of Living Media Consumption In The Digital Era (Shifting Preferences Study From Mediated Media Editors To Unmediated Media Editors And To Mediated Media Editors)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1032Keywords:
Editor-Mediated, Non-Editor Mediated, Trust, Digitalisasi, MediaAbstract
Pada perkembangan teknologi saat ini memiliki perubahan yang sangat signifikan khususnya dalam dunia media massa. Digitalisasi yang terus berkembang pesat ini mempengaruhi komunikasi masa yang memiliki cakupan luas sehingga dapat menghubungkan kepada khalayak secara cepat. Salah satu pergeseran paradigma yang terjadi yaitu dari editor-mediated ke non-editor mediated. Hal ini menjadikan pergeseran ini sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang penting untuk dikaji. Dengan perkembangan tersebut khalayak memiliki peran besar dalam memperoleh informasi dan membuat berbagai pilihan informasi yang ingin didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika transformasi konsumsi media dari editor-mediated ke non-editor mediated. Dalam penelitian ini menggunakan teori User and Gratification untuk melihat peran aktif dalam proses komunikasi dalam memenuhi kebutuhannya. Adapun pendekatan dan metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode fenomenologi untuk melihat saling berpengaruhnya satu peristiwa dengan situasi tertentu. Hasil dalam penelitian ini pada era digital ini konsumen atau pembaca berita beralih menjadi pengguna yang lebih aktif dalam melakukan diskusi dan mengemukakan aspirasinya. Hal ini menghasilkan paradigm baru media dengan dari editor-mediated menjadi non-editor mediated sehingga dalam penelitian yang dilakukan ini perkembangan teknologi turut mempengaruhi dan dapat membantu khalayak dalam memperoleh informasi. Dalam preferensi ini faktor trust merupakan kunci dari kredebilitas suatu media untuk menjaga kualitas konten dan layanan yang diberikan sehingga khalayak akan menumbuhkan harapan yang baik untuk dimasa yang akan datang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication