PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SUB TEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WABULA KABUPATEN BUTON
Keywords:
model pembelajaran; hasil belajar IPS.Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPS sub tema lingkungan dan manfaatnya siswa kelas V SD Negeri 1 Wabula. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, siswa, dan tes siklus. Indikator keberhasilan terdiri dua yaitu segi proses dan hasil. Segi proses, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 85% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Segi hasil, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa mencapai nilai ≥ 70. Penggunaan model talking stick dapat meningkatkan Hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Wabula Kabupaten Buton tahun ajaran 2017/2018. Nilai rata-rata Hasil belajar pada siklus I sebesar 6,81% (dengan pra tindakan 60% pada siklus I meningkat menjadi 66,81) dan pada siklus II sebesar 22,72% (dengan pra tindakan 60% pada siklus II meningkat menjadi 82,72%).