PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SUB TEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WABULA KABUPATEN BUTON

Authors

  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

model pembelajaran; hasil belajar IPS.

Abstract

Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPS sub tema lingkungan dan manfaatnya siswa kelas V SD Negeri 1 Wabula. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, siswa, dan tes siklus. Indikator keberhasilan terdiri dua yaitu segi proses dan hasil. Segi proses, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 85% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Segi hasil, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa mencapai nilai ≥ 70. Penggunaan model talking stick dapat meningkatkan Hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Wabula Kabupaten Buton tahun ajaran 2017/2018. Nilai rata-rata Hasil belajar pada siklus I sebesar 6,81% (dengan pra tindakan 60% pada siklus I meningkat menjadi 66,81) dan pada siklus II  sebesar 22,72% (dengan pra tindakan 60% pada siklus II meningkat menjadi 82,72%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-16

How to Cite

Matje, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SUB TEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WABULA KABUPATEN BUTON. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 3(2), 33–40. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/798

Issue

Section

Articles