MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA SISWA KELAS V SDN 2 MATANAUWE
Keywords:
Pembelajaran; Role Playing dan Keterampilan BerbicaraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Matanauwe melalui penerapan model pembelajaran role playing. Hasil belajar siswa pembelajaran keterampilan berbicara dalam berwawancara dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran role playing. Pada tindakan siklus I, hasil belajar siswa mencapai 57,14%. Karena indikator keberhasilan penelitian belum tercapai maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Hasil belajar siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 28,57% dengan prestasi ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 85,71%, sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus II karena indikator penelitian telah tercapai yaitu 85% siswa telah memperoleh ≥70. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara melalui wawancara siswa kelas V SDN 2 Matanauwe.