TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMA 1 MUHAMMADIYAH BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.35326/jec.v3i2.791Keywords:
role playing; perilaku asertifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif metode eksperimen pre-experimental dengan desain one group pretest posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammaiyah melalui teknik sampling pupossive dengan sampel penelitian 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) secara umum, tingkat perilaku asertif siswa SMA Muhammadiyah menunujukkan bahwa 14 siswa, 5 siswa atau 35.7% pada kategori sedang dan 9 siswa atau 64.3% pada kategori tinggi perilaku asertifnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan melalui teknik role playing dapat meningkatkan perilaku asertif siswa.; (2) ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest dengan nilai masing-masing nilai sig. (2-tailed) probabilitas 0,001 pada taraf signifikansi nilai 0.05 (p<0.05), yang berarti dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan melalui teknikrole playing untuk meningkatkan perilaku asertif siswa yang dilakukan berhasil secara signifikan atau efektif untuk dilakukan