MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS V/A SD NEGERI 2 NGANGANAUMALA

Authors

  • Wa Ode Sabta Namrata Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton
  • Safiuddin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Model Pembelajaran Inquiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penggunaan model pembelajaran inquiri pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus meliputi 4 tahapan dasar yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan tahap refleksi/evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala pada semester ganjil tahun 2024/2025, yang berjumlah 15 orang siswa terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, lembar tes pilihan ganda, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II, diperoleh hasil belajar siklus I rata-rata 68%, dengan nilai interval “perlu bimbingan” sebanyak 6 siswa atau 40%, interval “cukup” sebanyak 6 siswa atau 40%, interval “baik” sebanyak 2 siswa atau 13,33% dan interval “baik sekali” sebanyak 1 siswa atau 6,66%.  selanjutnya pada siklus II terjadi hasil peningkatan belajar siswa yaitu dengan nilai rata-rata 80% dengan interval “perlu bimbingan” sebanyak 3 siswa atau 20%, interval “cukup” sebanyak 2 siswa atau 13,33% interval “baik” sebanyak 4 siswa atau 26,66% dan interval “sangat baik” sebanyak 6 siswa atau 40%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiri dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada pelajaran IPAS di kelas V/A SD Negeri 2 Nganganaumala.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Namrata, W. O. S., Matje, I., & Safiuddin. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS V/A SD NEGERI 2 NGANGANAUMALA. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 8(2), 19–26. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/7219

Issue

Section

Articles