KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Feby Febriyani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Riniati Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Bahasa Indonesia, Membaca, Strategi Pembelajaran

Abstract

Strategi pembelajaran ini sering kali melibatkan pendekatan berbasis proyek yang memungkinkan siswa bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tertentu, melatih keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Kemampuan Membaca Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Pembelajaran Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis karya tulis akademik yang menitik beratkan pada refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan yang relevan atau memperbaiki atau meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa serta mempertimbangkan konsep-konsep yang baru di kenalkan. Penelitian tindakan kelas terbagi menjadi empat siklus, dan keempat kegiatan yang ada dalam siklus adalah a. perencanaan b. pelaksanaan c. pengamatan d. refleksi. Hasil belajar siswa yang meningkat dapat dilihat pada nilai yang diperoleh siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Diketahui pada prasiklus presentase ketuntasan belajar adalah 34% lalu mengalami peningkatan di siklus I sebesar 43% dan terjadi lagi peningkatan di siklus II sebesar 85%. Nah melihat presentase tersebut peneliti telah melampaui ketuntasan belajar sekolah dan untuk melihat respon dan keaktivan siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang diketahui pada siklus I mencapai 43% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Febriyani, F., Manan, & Riniati, W. O. (2024). KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 8(1), 37–47. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/7217

Issue

Section

Articles