UNGKAPAN PERTANYAAN MENJADI PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA NEGERI SATU ATAP WAKURUMBA

Authors

  • Cecep Nuryadin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Keefektifan; Strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf; Menulis Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dan menguji keefektifan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris. Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan pretest- posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis karangan narasi ekspositoris. Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf. Gain score kelompok eksperimen sebesar 5,50, sedangkan kelompok kontrol sebesar 4,84. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa gain score kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kesimpulan kedua yaitu strategi Pertanyaan Menjadi Paragraf efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-19

How to Cite

Nuryadin, C. (2020). UNGKAPAN PERTANYAAN MENJADI PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA NEGERI SATU ATAP WAKURUMBA. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 2(2), 17–26. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/644

Issue

Section

Articles