MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID SD NEGERI 1 DONGKALA MELALUI TEKNIK STORY TELLING

Authors

  • Arsad Arsad Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

keterampilan berbicara; teknik storytelling

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara murid melalui teknik Storytelling pada murid Kelas V SD Negeri Dongkala. Penelitian ini menggunakan  Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK).  Subyek  penelitian  ini  yaitu  murid SD Dongkala kelas V yang berjumlah 14 murid (7 murid perempuan  dan  7  murid  laki–laki).  Teknik pengumpulan data menggunakan  lembar  wawancara,  lembar  observasi,  dokumentasi  dan  tes evaluasi serta lembar indikator capaian keterampilan berbicara. Hasil penelitian ditemukan prasiklus 35,71% atau 5 murid yang tuntas meningkat menjadi 42,85% atau 6 murid yang tuntas pada siklus I pertemuan pertama dan meningkat 64,28% atau 9 murid pada pertemuan kedua, kemudian meningkat menjadi 78,57% atau 11 murid yang tuntas pada siklus II pertemuan pertama dan meningkat menjadi 92,85% atau 13 murid pada pertemuan kedua. Dari temuan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara murid kelas V SD Negeri 1 Dongkala.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Arsad, A. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID SD NEGERI 1 DONGKALA MELALUI TEKNIK STORY TELLING. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 1(2), 140–145. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/624

Issue

Section

Articles