MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID SD NEGERI 1 DONGKALA MELALUI TEKNIK STORY TELLING
Keywords:
keterampilan berbicara; teknik storytellingAbstract
Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara murid melalui teknik Storytelling pada murid Kelas V SD Negeri Dongkala. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu murid SD Dongkala kelas V yang berjumlah 14 murid (7 murid perempuan dan 7 murid laki–laki). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, dokumentasi dan tes evaluasi serta lembar indikator capaian keterampilan berbicara. Hasil penelitian ditemukan prasiklus 35,71% atau 5 murid yang tuntas meningkat menjadi 42,85% atau 6 murid yang tuntas pada siklus I pertemuan pertama dan meningkat 64,28% atau 9 murid pada pertemuan kedua, kemudian meningkat menjadi 78,57% atau 11 murid yang tuntas pada siklus II pertemuan pertama dan meningkat menjadi 92,85% atau 13 murid pada pertemuan kedua. Dari temuan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara murid kelas V SD Negeri 1 Dongkala.