PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 KARYA MULYA
Keywords:
Peran Guru, Fasilitator, Pembelajaran SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Karya Mulya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, artinya dilakukan di lapangan atau wilayah penelitian dan menghasilkan data deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang melibatkan pengumpulan, analisis, serta interpretasi data berupa cerita dan gambar (bukan angka) untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam terkait peristiwa yang diamati. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 1) Data Reduksi, 2) Proses menampilkan informasi dapat dianggap sebagai visualisasi data, 3) Conclusions: Drawing /Verifikasi (Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran guru sebagai fasilitator pada proses belajar mengajar bagi siswa SD Negeri 1 Karya Mulya telah dilaksanakan. Namun demikian, kesepuluh peran guru sebagai fasilitator belum semuanya terlaksana dengan baik, antara lain: guru berusaha mendengar dan tidak mendominasi, sabar, hormat dan rendah hati, setara, berwibawa, tidak pilih kasih dan mengkritik, terbuka, bersikap ramah dan berbaur, dan bersikap positif dan 2) Faktor penghambat guru sebagai fasilitator pada proses belajar mengajar bagi siswa SD Negeri 1 Karya Mulya yaitu faktor pengalaman guru dalam penerapan teori guru sebagai fasilitator masih kurang, wawasan guru masih kurang, fasilitas sekolah yang kurang mendukung pelaksanaan peran guru sebagai fasilitator, kebiasaan lama guru dalam mengajar terlalu kuat mempengaruhi gaya guru ketika mengajar dikelas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zarman Zarman, Siti Liswanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.