HUBUNGAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yusrina Yusrina SD Negeri 1 Kotawo
  • Tarman Tarman SD Negeri 1 Kotawo

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v6i2.4695

Keywords:

Hubungan, Kecerdasan Majemuk, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 1 Kotawo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kotawo. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 25 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu skala kecerdasan majemuk dan dokumentasi nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas V semester ganjil. Uji coba instrumen terdiri atas uji normalitas dan dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis menggunakan korelasi product moment untuk menentukan hubungan antara variabel kecerdasan majemuk dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini berarti pengaruh antara variabel X (Kecerdasan Majemuk) dengan variabel Y (Hasil belajar Siswa) terdapat pengaruh yang kuat diantara kedua variabel tersebut. Apabila dilihat besarnya rxy yang diperoleh ini, yaitu: 0.81 ternyata terletak antara 0,70 . 0,90 dapat dinyatakan bahwa pengaruh antara variabel X dan variabel Y ialah terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Yusrina, Y., & Tarman, T. (2022). HUBUNGAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(2), 90–98. https://doi.org/10.35326/jec.v6i2.4695

Issue

Section

Articles