MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEKAYAAN BUDAYA BANGSA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • La Ay SD Negeri 1 Labulanda
  • Yusman Yusman SD Negeri 1 Labulanda

Keywords:

Koopeatif Tipe STAD, Budaya Bangsa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kekayaan budaya bangsa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa dinilai secara individu. Tes diberikan pada setiap akhir siklus tindakan. Hasil belajar individu siswa dikatakan berhasil apabila mencapai. ≥70 sesuai KKM yang telah ditetapkan ketuntasan secara individu. Pada data hasil penelitian menunjukan pada Siklus I terdapat 9 siswa memperoleh nilai diatas KKM atau 47,36% tuntas, dan 10 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM atau 52,64% belum tuntas. Dan pada Siklus II terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 84,21% tuntas, dan 3 siswa yang memperoleh memperoleh nilai dibawah KKM atau 15,79% belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Labulanda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-11

How to Cite

Ay, L., & Yusman, Y. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEKAYAAN BUDAYA BANGSA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(2), 106–115. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/4693

Issue

Section

Articles