MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEKAYAAN BUDAYA BANGSA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Koopeatif Tipe STAD, Budaya Bangsa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kekayaan budaya bangsa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa dinilai secara individu. Tes diberikan pada setiap akhir siklus tindakan. Hasil belajar individu siswa dikatakan berhasil apabila mencapai. ≥70 sesuai KKM yang telah ditetapkan ketuntasan secara individu. Pada data hasil penelitian menunjukan pada Siklus I terdapat 9 siswa memperoleh nilai diatas KKM atau 47,36% tuntas, dan 10 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM atau 52,64% belum tuntas. Dan pada Siklus II terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 84,21% tuntas, dan 3 siswa yang memperoleh memperoleh nilai dibawah KKM atau 15,79% belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Labulanda.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 La Ay, Yusman Yusman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.