MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Pembelajaran, Keterampilan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan buat mengenali kenaikan keahlian membaca pada pendidikan Bahasa Indonesia dengan memakai media kartu kata pada siswa kelas III SD Negara 1 Lapandewa. Siswa yang tidak bisa membaca dengan baik hendak hadapi Kesusahan dalam Menjajaki aktivitas pendidikan dan Kesusahan dalam menangkap serta menguasai data Yang ada dalam bermacam novel pelajaran, novel teks Penunjang serta sumber sumber belajar tertulis yang lain. dari pendidikan Yang tampak pada sesi Obsesi dini membuktikan kalau Rendahnya keahlian membaca ini bisa dilihat dari 14 siswa 9 antara lain membacanya masih belum pas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) serta Yang berperan selaku subjek dalam riset .ini merupakan siswa kelas III SD Negara 1 Lapandewa yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan informasi yang digunakan lewat tata cara pengamatan, Uji serta dokumentasi dengan prosedur perencanaan, penerapan pengamatan serta refleksi. Riset ini dicoba sebanyak 2 Siklus. Teknik pengolahan serta Analisis informasi yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode dan media kartu kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek membaca dapat meningkatkan menjadi 57,14% pada siklus I atau hanya 8 orang siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat dari ketuntasan leksikal pada siklus I juga belum tuntas karena terdapat 6 orang atau 42,86% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 13 orang atau 92,85% siswa yang tuntas dan 1 orang atau 7,14% siswa yang belum tuntas. Berdasarkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada setiap akhir pembelajaran dari siklus I hingga siklus II menunjukan peningkatan yang baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mukriani Mukriani, Rena Herdianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.