MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Wa Ode Fitriani SD Negeri 1 Labuan Bajo
  • La Ode Sadikin SD Negeri 1 Labuan Bajo

Keywords:

Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belejar IPA

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain: tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas diperoleh, selanjutnya akan dilakukan analisis data. Data yang dianalisis terdiri dari hasil observasi hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil penelitian peningkatan pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus tingkat kriteria keberhasilan sebesar 61,12 berdasarkan bobot skor 1100, pelaksanaan siklus I, maka penelitian menentukan tingkat kriteria keberhasilan dengan nilai-rata-rata 65,56 berdasarkan bobot skor 1180, tindakan pada penelitian ini dilihat dari Pembelajaran IPA pokok bahasan jenis makanan hewan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Labuan Bajo secara individu maupun klasikal pada setiap pelaksanaan siklus II, maka penelitian menentukan tingkat kriteria keberhasilan dengan nilai-rata-rata 73,89 berdasarkan bobot skor 1330, tindakan pada penelitian ini dilihat dari Pembelajaran IPA pokok bahasan jenis makanan hewan pada siswa secara individu maupun klasikal pada setiap responden menunjukkan ketuntasan belajar pembelajaran IPA karena nilai rata-rata siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-26

How to Cite

Fitriani, W. O., & Sadikin, L. O. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 3(2), 79–86. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/4685

Issue

Section

Articles