PENINGKATAN HASL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAS MUHAMMADIYAH RAHA PADA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Keywords:
statistika, siswa SMA, pembelajaran, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 38 orang siswa kelas XI-IPA SMAS Muhammadiyah Raha yang sedang mempelajari materi Statistika. Untuk mengumpulkan data digunakan intrumen penelitian berupa Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa (LPAG), Lembar Pengamatan Aktivitas Guru (LPAG), dan Tes Hasil Belajar (THB). Data-data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Kinerja penelitian ini diukur dari tercapainya KKM yakni X > 70. Siklus I dilaksanakan empat kali pertemuan. Hasil analisis data siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas hanya mencapai 60,52% atau sebanyak 15 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan. Siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Hasil analisis data pada siklus II menunjukkan bahwa semua siswa telah mencapai KKM. Selisih skor rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 7,43 poin. Selisih skor individu yang tertinggi mencapai 24 poin dan selisih skor terendah hanya 4 poin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMAS Muhammadiyah Raha pada materi Statistika.