UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS XII SMA NEGERI 1 LOGHIA

Authors

  • La Koma Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

pembelajaran kontekstual, aktivitas siswa, hasil belajar, barisan dan deret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 27 siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Loghia sebagai subjek. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi atau pengamatan, dokumentasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, serta pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui analisis refleksi pada setiap tindakan pembelajaran, rata-rata nilai individual dan rata-rata persentase aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran pada siswa dan aktivitas guru, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi barisan dan deret. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa mencapai 74,8% pada siklus I dengan kategori cukup, dan menjadi 93,1% di akhir siklus II dengan kategori sangat baik. Begitu pun dengan aktivitas guru yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata peningkatan aktivitas guru yang mencapai 88,3% pada siklus I dengan kategori baik, dan menjadi 96,4% di akhir siklus II dengan kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan penguasaan konsep oleh siswa dari setiap siklusnya. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata nilai penguasaan konsep matematika materi barisan dan deret sebesar 73,1 di siklus I menjadi 88,2 di siklus II. Ketuntasan klasikal 78,2% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 95,6% dengan kategori sangat baik pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-09

How to Cite

Koma, L. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS XII SMA NEGERI 1 LOGHIA. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 1(2), 73–85. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/385

Issue

Section

Articles