PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WAKATOBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Keywords:
pendekatan Pakem, kompetensi menulis karangan deskriptif.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Wakatobi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kurang merangsang dan kurang variatifnya teknik pembelajaran guru di dalam kelas, sehingga siswa kurang dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya. Hasil tulisan siswa kurang variatif karena siswa membuat paragraf deskriptif berdasarkan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta bukan hasil menemukan sendiri pengalaman belajar di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah pendekatan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskriptif. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan Pakem. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, karena peneliti hanya mengamati orang lain yang sedang mengadakan eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada kelas yang diteliti diawali dengan pre-test dan kuisioner, kemudian kelas tersebut diberi perlakuan dan selanjutnya diadakan post-test dan kuisioner. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis menggunakan analisis diskriptif komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Wakatobi dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Pakem.