EFEKTIVITAS TEHNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAUBAU

Authors

  • Wa Ode Husnia Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

sosiodrama dan penyesuaian diri siswa.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji efektifitas tehnik sosiodrama dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian menggunakan kuasi-eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau Tahun Pelajaran 2015/2016, menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent (independent sample t test).    Penelitian ini menghasilkan simpulan: (1) profil penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau secara umum berada pada kategori sedang, (2) penyesuaian diri  siswa mengalami peningkatan yang positif,  dan (3) pelaksanaan sosiodrama yang diberikan terbukti efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Husnia, W. O. (2019). EFEKTIVITAS TEHNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAUBAU. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 1(1), 16–26. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/374

Issue

Section

Articles