STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Andi Aisa STIT Al-Hady Bombana
  • Marzuki Made Ali STIT Al-Hady Bombana
  • Burhanuddin Burhanuddin STIT Al-Hady Bombana

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v5i2.3209

Keywords:

Strategi guru, metode, pembelajaran.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka (library research). Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan analisis konten. Strategi belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan beberapa metode pembelajaran. Strategi berada pada posisi konseptual atau rancangan (plan) yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan metode berada pada posisi tataran praktisnya, dimana guru dapat mengaktualisasikan rencananya ke dalam cara-cara (metode) yang dipilihnya. Dari uraian hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan beberapa metode seperti pemberian contoh teladan, pemberian nasihat, pembiasaan, ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-12

How to Cite

Aisa, A., Ali, M. M., & Burhanuddin, B. (2021). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(2), 72–82. https://doi.org/10.35326/jec.v5i2.3209

Issue

Section

Articles