EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SD NEGERI 2 PALATIGA KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.35326/jec.v5i2.2475Keywords:
Pendekatan SAVI, hasil belajar.Abstract
metode konvensional terhadap hasil belajar peserta didik materi keliling persegi dan persegi panjang kelas III SD Negeri 2 Palatiga Kota Baubau? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan SAVI dibandingkan metode konvensional terhadap hasil belajar peserta didik materi keliling persegi dan persegi panjang kelas III SD Negeri 2 Palatiga Kota Baubau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A dengan jumlah siswa 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang siswa. Berdasarkan data post-test, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI sebesar 79,5 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional sebesar 72,75, dengan perbedaan kedua rata-rata 6,75. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi keliling persegi dan persegi panjang kelas III SD Negeri 2 Palatiga Kota Baubau.