PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Cecep Nuryadin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Nuerahma D Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Teknik Scramble, Membaca, Pemahaman Murid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara konkrit menggunakan metode scramble untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di ruang IV SD Negeri 1 Wanci.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, pada tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan observasi dan tes. Subjek riset ini serta murid ruangan IV SD Negeri 1 Wanci. Riset dilakukan di ruangan IV  25 murid  yang terdiri 9 lakilaki, dan 16 perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa dalam memahami bacaannya meningkat dibandingkan dengan post-test pada akhir siklus I. Nilai rata-rata pemahaman membaca meningkat dari 69,9 pada post-test akhir siklus I menjadi 78,44 pada post-test akhir siklus II. Nilai rata-rata meningkat sebesar 8,54 atau 12,22 persen pada siklus ini dibandingkan dengan post-test pada akhir siklus sebelumnya. Sedangkan siswa yang mencapai KKM naik 32%, dari 66% menjadi 91%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Nuryadin, C., & D, W. O. N. (2022). PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(1), 24–32. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/2286

Issue

Section

Articles