PEMANFAATAN LUMUT (BRYOPHYTA) DI KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI KABURA-BURANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI BUTON SELATAN

Authors

  • Dyah Pramesthi Isyana Ardyati
  • Jumiati Jumiati Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v5i2.2112

Keywords:

Pemanfaatan Lumut; Sumber Belajar Biologi

Abstract

Materi-materi pelajaran biologi yang bersifat kontekstual, akan lebih bermakna bila memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara memanfaatkan lumut (Bryophyta) di kawasan DAS Kabura-burana sebagai sumber belajar biologi di Buton Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui obserasi dan wawancara dengan guru biologi SMA sebagai narasumber. Penelitian ini dilakukan dengan analisis potensi pemanfaatan lumut sebagai sumber belajar melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan dan informasi tentang jenis-jenis lumut di kawasan DAS Kabura-burana dapat dijadikan sumber belajar Biologi kelas X pada KD 3.2, KD 3.7, dan KD 4.7 pada jenjang pendidikan SMA di kabupaten Buton Selatan, tepatnya di Batauga. Pemanfaatan lumut sebagai sumber belajar biologi dapat dilakukan dengan cara observasi secara langsung di kawasan tersebut, maupun mengemas informasi tentang jenis-jenis lumut di kawasan tersebut dalam bentuk modul pembelajaran, video pembelajaran, maupun lembar kerja peserta didik (LKPD).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Ardyati, D. P. I., & Jumiati, J. (2022). PEMANFAATAN LUMUT (BRYOPHYTA) DI KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI KABURA-BURANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI BUTON SELATAN. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(2), 31–37. https://doi.org/10.35326/jec.v5i2.2112

Issue

Section

Articles