PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL NILAI KEDISIPLINAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS V SD NEGERI 2 LABALAWA
Keywords:
Model pembelajaran sosiodrama, Nilai kedisiplinanAbstract
Pengaruh Model Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Kemampuan Mengenal Nilai Kedisiplinan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SD Negeri 2 Labalawa Kota Baubau”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sosiodrama terhadap kemampuan siswa dalam mengenal nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Labalawa kota Baubau. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Labalawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan mengenal nilai kedisiplinan pada kehidupan sehari-hari kelas eksperimen sebelum perlakuan sebesar 31,67 dan sesudah perlakuan sebesar 40,00 sedangkan kelas kontrol sebelum perlakuan sebesar 31,33 dan sesudah perlakuan sebesar 34,78. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2- tailed ) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran sosiodrama terhadap kemampuan mengenal nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Labalawa kota Baubau.