Margin Dan Efisiensi Pemasaran Cengkeh (Studi Kasus Di Negeri Mamala Kecamatan Leihitu)

Authors

  • Lutfia Riski Malawat Universitas Pattimura
  • Esther Kembauw Universitas Pattimura
  • Septianti P. Palembang Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.35326/agribisnis.v8i1.5191

Keywords:

Cengkeh, Pemasaran, Margin, Efisiensi

Abstract

Salah satu komoditas di subsektor perkebunan yang banyak ditanam di perkebunan rakyat adalah cengkeh. Sekitar 97% tanaman cengkeh di Indonesia ditanam di perkebunan rakyat yang tersebar di seluruh provinsi oleh penduduk setempat. 3% sisanya ditanam di perkebunan milik pemerintah dan swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efisiensi dan margin keuntungan dalam pemasaran cengkeh di Negeri Mamala. Penelitian ini dilakukan di Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Temuan studi ini memungkinkan untuk menarik kesimpulan sebagai berikut. Margin pemasaran cengkeh untuk saluran pemasaran I dan II masing-masing sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 per kg. Saluran pemasaran II memiliki tingkat efisiensi terendah (1,36%), sedangkan saluran I memiliki tingkat efisiensi tertinggi (1,47%), berdasarkan analisis saluran pemasaran cengkeh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astrid, A., & Putra, R. K. (Eds.). (2022). Outlook Komoditas Perkebunan Cengkeh. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian 2022. Retrieved from https://satudata.pertanian.go.id/datasets/publikasi

Barkah, D. A., & Ikhwan, S. (2023). Analisis Pemasaran Ikan Asin Di Desa Krakahan Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes (Studi Kasus Pada UD. Dasti). Journal of Economic and Management (JECMA), 5(1), 14–28. https://doi.org/10.46772/jecma.v5i1.936

Kembauw, E., Mahulette, A. S., Kakisina, A. P., Tuhumury, M. T. F., Umanailo, M. C. B., & Kembauw, M. G. I. (2021). Clove processing as a source of increasing business income in Ambon City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 883(1). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/883/1/012091

Kembauw, Esther, Mahulette, A. S., Wattimena, A. Y., & Senewe, R. E. (2021). Analisis Rantai Pasok Komoditas Cengkih Hutan di Maluku. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 2(2), 81–87. https://doi.org/10.33474/jase.v2i2.13083

Kembauw, Esther, Sahusilawane, A. M., & Sinay, L. J. (2015). SEKTOR PERTANIAN MERUPAKAN SEKTOR UNGGULAN TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI PROVINSI MALUKU. Agriekonomika, 4(2), 210–220. https://doi.org/2301-9948

Leatemia, E. D., Timisela, N. R., & Kembauw, E. (2023). PELATIHAN STUDI KELAYAKAN USAHA AGRIBISNIS UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PETANI. PENA DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–78. https://doi.org/10.33474/penadimas.v1i2.19301

Malik, A. (2022). Analisis Rantai Pasok Komoditas Cabai Rawit di Desa Manjapai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nasrudin, W., & Musyadar, A. (2018). Buku Ajar Pemasaran Produk Agribisnis. In FEBS Letters (Vol. 185). Jakarta: Pusat Pendidikan Pertanian. BPPSDMP. Retrieved from https://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/14218

Noor, J. (2011). Metodologi penelitian : skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. In Kencana Prenada Media Group (1st ed., Vol. 1).

Panti, S. (2019). Analisis Pemasaran Ikan Patin (Pangasius) Di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru (Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau. Retrieved from http://repository.uir.ac.id/id/eprint/8372

Pratama, Y. Y., & Nuswantara, B. (2020). ANALISIS PEMASARAN KACANG TANAH DI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Jambura Agribusiness Journal, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.37046/jaj.v2i1.7042

Saputra, Y. (2018). Analisis Pemasaran Ikan Asin Aso – Aso (Studi Kasus: Desa Pasar II, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Soekarwati. (1993). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasinya. (3rd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (21st ed.). Bandung: Bandung : Alfabeta, 2015.

Winardi. (1992). Harga dan Penetapan Harga Dalam Bidang Pemasaran (Marketing) (2nd ed.). Bandung: PT Citra Aditya Bakti : Bandung.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Malawat, L. R., Kembauw , E., & Palembang , S. P. (2024). Margin Dan Efisiensi Pemasaran Cengkeh (Studi Kasus Di Negeri Mamala Kecamatan Leihitu). Media Agribisnis, 8(1), 172–180. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v8i1.5191

Issue

Section

Articles