Kontribusi Daging Ayam Buras dan Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Rumah Makan “Bebek Gazebo” Makassar

Authors

  • Siti Nurlaelah Universitas Hasanuddin
  • Yulia Rahmaniar Universitas Hasanuddin
  • Della Nirmayanti Universitas Hasanuddin
  • Asrul Ahmad Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2824

Keywords:

Rumah Makan, Bebek Gazebo, Keputusan Pembelian, Ayam Buras

Abstract

Ayam buras menduduki tempat tersendiri dimasyarakat karena ayam buras memiliki cita rasa yang berbeda sehingga banyak rumah makan menyediakan menu ayam buras walaupun dengan harga yang relatif lebih tinggi. Tujuan penelitian ialah 1)  Menganalisis kontribusi ayam buras terhadap keseluruhan konsumsi ayam di rumah makan Bebek Gazebo, dan 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen memilih mengkonsumsi ayam buras di rumah makan Bebek Gazebo. Sebanyak 100 orang responden pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan untuk penelitian ini ialah regresi linier berganda. Kontribusi ayam buras relatif lebih rendah dibandingkan dengan ayam broiler dan bebek yang merupakan menu utama di rumah makan tersebut. Hasil pengujian anova menyatakan Fhitung 4.641 > Ftabel 2.47 atas sig 0.000 < α0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, bermakna  X1 (Kualitas Produk), X2 (Harga), X3 (Promosi), X4 (Tempat), berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada taraf α0.05. Dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dalam hal ini kualitas produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yulia Rahmaniar, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa Departemen Sosial Ekonomi Peternakan

Della Nirmayanti, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa Departemen Sosial Ekonomi Peternakan

Asrul Ahmad, Universitas Hasanuddin

Mahasiswa Departemen Sosial Ekonomi Peternakan

References

Alfred, O. (2013). Influences of Price And Quality On Consumer Purchase Of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A Comparative Study. European Journal of Business and Management, 5(1).

Badan Ketahanan Pangan. (2022). Perkembangan Konsumsi Pangan. Jakarta, Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Peternakan Dan Kesehatan Hewan 2021. Jakarta, Indonesia.

Enggal, T. W., Bukhori, M., & Sudaryanti, D. (2019). Analisa Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Baju di Beberapa Departement Store di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2). Retrieved from https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.116

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1).

Haque, M.G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Pt. Berlian Multitama di Jakarta. E-MABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1).

Hiransomboon, K. (2012). Marketing Mix Affecting Accommodation Service Buying Decisions of Backpacker Tourist Traveling at Inner Rattanakosin Island in Bangkok, Thailand. Procedia Economics and Finance, 3. Retrieved from https://doi.org/10.1016/s2212-567 1(12)00152-9

Imam, G. (2016). Desain penelitian kuantitatif & kualitatif untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya. Semarang : Yoga Pramata.

Insani, N., & Madiawati, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 112-122. https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.300

Intania, H., Nobelson, & Suharyati. (2021). Analisis Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee di Jakarta. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1).

Iskandar, S. (2010). Usaha Tani Ayam Buras. In P. P. Ketaren, Sopiyana. S, & Sudarman. D (Eds.). Bogor: Balai penelitian ternak Ciawi.

Juliandi A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan : UMSU Press (Vol. 12).

Kotler, P. (2012). Marketing Management. 14th Edition. England: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (Jilid Kedua). Erlangga : Jakarta .

Maryani, D., Herawati, E., Kusmayadi, T., Rohayati, T., & Nurhayatin, T. (2020). Analisis Faktor Pendorong Minat Masyarakat Terhadap Usaha Peternakan Ayam Broiler Dengan Pola Kemitraan Di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. JANHUS: Jurnal Ilmu Peternakan Journal of Animal Husbandry Science, 5(1). Retrieved from https://doi.org/10.52434/janhus.v5i1.1117

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, Muslih, & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477). Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052052

Nawawi, N. T., & Nurrohmah. (2010). Ransum Ayam Buras. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nuroso. (2010). Ayam Buras Pedaging Hari Per Hari. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mohammadi, M., & Sohrabi, T. (2018). Examining the Effect of Marketing Mix Elements on Customer Satisfaction with Mediating Role of Electronic Customer Relationship Management. Industrial Engineering & Management Systems, 17(4), 653-661.

Ozian, N., Agustina, F., & Moelyo, H. (2019). Sistem Pemeliharaan dan Kontribusi Usaha Ternak Ayam Lokal (Gallus Domesticus) Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Peternak Di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung Kecamatan Sungailliat. Journal of Integrated Agribusiness, 1(2). Retrieved from https://doi.org/10.33019/jia.v1i2.1070.

Permana, J., & Adji, W. H. (2021). Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Khanza Barokah Minimarket. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1692-1701. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1387.

Resnawati, H. (2012). Inovasi teknologi pemanfaatan bahan pakan lokal mendukung pengembangan industri ayam buras. Pengembangan Inovasi Pertanian, 5(2).

Sonny, H., Muslihat, A., & Setyawan, T. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Lembaga Pendidikan Speaking Karawang. Jurnal Manajemen, 10(3).

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sari, R., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1171-1184. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Yaman, M. A. (2010). Ayam Buras Unggul 6 Minggu Panen. Jakarta: Penebar Swadaya.

Zainuddin, D. (2006). Teknik Penyusunan Ransum dan Kebutuhan Gizi Ayam Lokal. In Materi Pelatihan Teknologi Budidaya Ayam Lokal dan Itik. Bogor: Kerjasama Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat dengan Balai Penelitian Ternak.

Downloads

Published

2022-11-27

How to Cite

Nurlaelah, S., Rahmaniar, Y., Nirmayanti, D., & Ahmad, A. (2022). Kontribusi Daging Ayam Buras dan Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Rumah Makan “Bebek Gazebo” Makassar. Media Agribisnis, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2824

Issue

Section

Articles