Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan di Kabupaten Bone dalam Mempertahankan Bisnis di Era Pandemik Covid-19

Authors

  • Sugirah Hidayah Rauf Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin
  • Rahim Darma Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin
  • Mahyuddin Mahyuddin Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i1.2371

Keywords:

UMKM, Rumah Makan, Pandemik Covid-19, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM rumah makan pada era pandemik Covid-19. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan 10 informan kunci serta observasi dan kepustakaan. Metode analisis dengan mereduksi data, menyajikan dan kemudian menarik kesimpulan yang dibahas dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang ditemukan bahwa dalam strategi pemasaran yakni bauran pemasaran yang digunakan oleh UMKM rumah makan di era Covid-19 tetap melakukan pemasaran sama seperti sebelum adanya pandemik Covid-19. UMKM tidak meningkatkan pemasaran yang lebih baik seperti perbaikan produk, promosi, pelayanan, perbaikan tempat di era Covid-19 karena pelaku UMKM rumah makan tidak berani mengambil resiko, serta kekurangan modal, keterbatasan pengetahuan, dan kurangnya motivasi menjadikan strategi pemasaran yang digunakan hanya sebatas untuk mempertahankan bisnis agar tidak gulung tikar di era Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bapedda. (2021). Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bone Tahun 2018-2023. In bappeda.bone.go.id. http://bappeda.bone.go.id/assets/file/Perubahan_RPJMD_Kabupaten_Bone.pdf

Bone.go.id. (2020). Membludak, Pelaku Usaha di Bone Sudah 10 Ribu Ajukan BPUM. Bone.Go.Id. https://bone.go.id/2020/10/09/membludak-pelaku-usaha-di-bone-sudah-10-ribu-ajukan-bpum/

Bone, D. K. dan U. K. (2019). Data Ukm 2019. Dinas Koperasi Dan Ukm Kabupaten Bone.

Haryo, L. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Humas Sulsel. (2022). Beri Pengaruh Bagi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel, Andi Sudirman :UMKM Adalah Tulang Punggung Ekonomi Nasional. Humas.Sulselprov.Go.Id. https://humas.sulselprov.go.id/index.php/tag/umkm/

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Petri, M. M. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi). Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin.

Soetjipto, H. N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. K-Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (p. 280). Alfabeta.

Susilowati, I. H. (2021). Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3), 282. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.9416

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia [The Impact of Covid-19 on MSMEs in Indonesia]. Brand, 2(1), 148–153.

Triyaningsih, S. L. (2012). Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12, 37–46.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Depan. In Strategi Pemasaran Umkm Di Masa Pandemi (Issue March). https://www.academia.edu/45423724/Strategi_Pemasaran_UMKM_di_Masa_Pandemi

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Rauf, S. H., Darma, R., & Mahyuddin, M. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan di Kabupaten Bone dalam Mempertahankan Bisnis di Era Pandemik Covid-19. Media Agribisnis, 6(1), 76–87. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i1.2371

Issue

Section

Articles