Akuntabilitas Keuangan Sekolah Berbasis Audit Keuangan Studi Kasus SD Negeri 16 Buton
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya akuntabilitas keuangan dalam pengelolaan dana sekolah untuk mewujudkan transparansi dan tanggung jawab dalam pemanfaatan anggaran pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan akuntabilitas keuangan berbasis audit keuangan di Sekolah Dasar Negeri 16 Buton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 17 orang, dengan sampel sebanyak 5 orang yang terdiri atas kepala sekolah, komite sekolah, bendahara sekolah, guru, dan staf administrasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Negeri 16 Buton telah melaksanakan akuntabilitas keuangan dengan baik, yang tercermin dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah, pencatatan transaksi yang rinci, serta adanya audit eksternal untuk memastikan ketepatan penggunaan dana. Selain itu, perencanaan penggunaan dana dilakukan melalui musyawarah bersama pihak sekolah dan komite sehingga menghasilkan prioritas kebutuhan yang disepakati. Pelaksanaan dan penatausahaan dana Bantuan Operasional Sekolah juga sesuai prosedur, dengan pelaporan yang transparan serta pertanggungjawaban yang jelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 16 Buton telah berjalan secara akuntabel dan sesuai ketentuan yang berlaku.