Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Spbu 7593741 Baubau
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kualitas pelayanan dan fasilitas dalam meningkatkan kepuasan konsumen, khususnya pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 7593741 di Kota Baubau. Fenomena yang ditemukan menunjukkan bahwa kepuasan konsumen masih dipengaruhi oleh beberapa aspek pelayanan dan kelengkapan fasilitas yang belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen yang menggunakan jasa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 7593741 Kota Baubau. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 7593741 Kota Baubau. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan yang ramah, cepat, dan tepat, serta penyediaan fasilitas yang memadai mampu meningkatkan kepuasan konsumen.