Inovasi Pengembangan Materi Sosial Ekonomi Berbasis Digital Learning pada Pendidikan Menengah

Authors

  • Yanto Bandje Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Eli Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton
  • Jufri Agus Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pengembangan Materi, Sosial Ekonomi, Digital Learning, Pendidikan Menengah

Abstract

Perkembangan teknologi digital memberikan peluang besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, termasuk dalam mata pelajaran sosial ekonomi. Namun, praktik pembelajaran di pendidikan menengah masih banyak didominasi metode konvensional berbasis teks, sehingga cenderung monoton dan kurang mampu mendorong keterlibatan siswa. Kondisi ini menimbulkan kebutuhan akan inovasi dalam pengembangan materi yang lebih interaktif dan relevan dengan karakteristik generasi digital. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengembangkan serta mengimplementasikan materi sosial ekonomi berbasis digital learning yang mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa, sekaligus memperkuat kapasitas guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran. Metode kegiatan dilakukan melalui pendekatan participatory action, yang mencakup tahap identifikasi kebutuhan, penyusunan materi digital, pelatihan guru, uji coba implementasi di kelas, serta evaluasi melalui pre-test, post-test, dan observasi keterlibatan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa materi sosial ekonomi berbasis digital learning terbukti lebih menarik dan interaktif dibandingkan materi konvensional. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif dalam diskusi, serta peningkatan signifikan pada hasil tes. Selain itu, guru juga mengalami peningkatan kompetensi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. Program ini diharapkan menjadi model inovasi yang dapat direplikasi di sekolah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-26