PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI PONDOK TAHFIDZ AHLUL JANNAH BERTUJUAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SANTRI
Abstract
Pondok pesantren, termasuk Hidayatullah, merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan berbagai aspek yang mendukung peningkatan pendidikan dan pembelajaran, khususnya dalam kajian kitab kuning atau kitab klasik yang menjadi kegiatan wajib di pondok pesantren. Tiang I'dadiyah Pondok Pesantren Ahlul Jannah Padding Hidayatullah Takalar menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk menjawab dua permasalahan utama, yaitu: bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar santri di Pondok Pesantren Tahfidz Ahlul Jannah Padding Hidayatullah Takalar, serta apa saja faktor pendukung dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada aktivitas belajar santri. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu mengarahkan santri untuk mendengarkan dan membaca informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran, membagi santri ke dalam beberapa kelompok, dan meminta masing-masing kelompok memilih satu wakil untuk mendiskusikan poin-poin penting. Setelah itu, wakil kelompok kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan hasil diskusi, dan setiap kelompok menyusun kesimpulan berupa pemetaan hasil diskusi mereka. Kedua, faktor pendukung utama keberhasilan penerapan model ini adalah penguasaan guru terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, serta kemampuan guru dalam memahami kemampuan dan karakteristik santri di kelas