PENERAPAN METODE BERLITZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID KELAS II MI/SD
Keywords:
Penerapan, Metode Berlitz, meningkatkan, permulaanAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas II MI Abnaul Amir Moncobalang. Dalam upaya menjawab permasalahan yang diangkat, penulis mengumpulkan data melalui teknik observasi sebagai langkah awal untuk memahami kondisi lokasi penelitian, pemberian tes kepada peserta didik untuk mengukur kemampuan mereka, serta dokumentasi untuk memperoleh data berupa tulisan atau gambar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif guna mengolah data kualitatif dan memberikan gambaran mengenai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas II MI Abnaul Amir Moncobalang.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi penciptaan suasana belajar yang menyenangkan serta penerapan metode pembelajaran yang bervariasi. Pendekatan ini bertujuan untuk menjaga minat siswa terhadap pelajaran dan mencegah kebosanan. Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup aspek-aspek yang berasal dari diri siswa, seperti kondisi kesehatan, bakat, kecerdasan, dan perhatian. Sementara itu, faktor eksternal mencakup pengaruh dari lingkungan luar, seperti dukungan keluarga, kondisi sekolah, dan masyarakat sekitar.