PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SARANA PRASARANA BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Lingkungan Keluarga, Sarana Prasarana, PrestasiAbstract
penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode obsevasi partisipasi, metode angket, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisa Korelasi Product Moment. Responden dalam penelitian ini sebanyak 23 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koefisien korelasi sesbesar 33,01 menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga Terhadap Peningkatan Mutu Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala Mempunyai Pengaruh Yang Positif dan Signifikan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel X dan Y berada pada kategori sedang. Oleh karena itu pengaruh sarana dalam belajar dapat Ditingkatkan. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa semakin digunakan sarana dan prasarana belajar didalam lingkungan keluarga maka akan semakin tinggi pula kualitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala. Sebaliknya apabila tidak di manfaatkan sarana dan prasarana belajar dalam lingkungan keluarga maka kualitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala akan mengalami penurunan.
Downloads
References
Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135-151.
Anggraini, H. (2016). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTsN Sidorejo Wungu kabupaten Madiun Tahun pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, STAIN Ponorogo).
Arif, R. M. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga dan sarana prasarana belajar di rumah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Negeri 1 Metro Tahun 2015/2016 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Febriansyah, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Niâ, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh sarana prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa sd di sekolah indonesia den haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52-68.
Kismawan, A. (2019). Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa SMPN 4 Metro tp. 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Legiwati, N. (2016). Pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 294-309.
Mahfiroh, U. (2019). Pengaruh pendidikan dalam keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Terpadu Nurul Qodiri Lempuyang Bandar Way Pengubuan (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Mauludiyah, N. (2018). Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Mirfat, M., & Cahyono, A. Y. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. AKURAT: Jurnal Penelitian Ilmu Akuntansi, 1(02).
Mufida, N. M. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pudak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Ningrum, I. T. L. (2020). peran keluarga dan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas vii di smp negeri 1 siman (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Okiawan, I. (2020). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Smkn 1 Mesuji Raya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61-71.
Ulum, M. S., & Tsaronny, M. A. G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 17-52.
Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17-26.
Zuhrotunnisak, Z. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Ma’arif NU Banyuputih Batang (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang).