ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 2 BATULO KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.35326/juwara.v2i1.3290Keywords:
Analisis, Masalah Pembelajaran, Membaca PermulaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan yang dialami siswa kelas I SD Negeri 2 Batulo Kota Baubau saat pembelajaran membaca. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk desain penelitian penelitian ini. Dalam penelitian ini, hanya data kualitatif yang digunakan. Siswa kelas I SD Negeri 2 Batulo yang mengalami kesulitan belajar membaca di awal menjadi subjek penelitian ini bersama dengan wali kelas masing-masing. Observasi dan wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan data. Model analisis Miles dan Huberman yang memiliki tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan dalam teknik analisis data. Temuan ini menunujukan bahwa sebanyak 8 dari 85 anak awalnya kesulitan membaca. Tantangan membaca awal yang dihadapi oleh siswa kelas I SD Negeri 2 Batulo Kota Baubau antara lain: (1) kurangnya pengetahuan siswa tentang huruf abjad (baik vokal maupun konsonan), (2) ketidakmampuan dalam membaca setiap kata, (3) pengucapan suku kata, (4) gagap mengeja, (5) belum mampu membaca diftong dan digraf, (6) belum mampu membedakan huruf yang hampir sama, (7) daya ingat lemah, dan (8) pengulangan kata.