MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35326/juwara.v1i3.3230Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, CTLAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran karena sebagian besar siswa kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaobula. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, desain penelitian ini mengandung empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, subjek dalam penelitian sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus terdapat nilai rata-rata sebesar 66,25 dengan bobot skor 795 yang berasal dari jumlah skor ulangan harian. Nilai rata-rata hasil belajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada siklus I terdapat peninggkatan sebesar 69,16 dengan bobot skor 830 namun pada siklus I ini belum tercapai KKM yang diterapkan dikelas yaitu sebesar ≥70. Sehingga, peneliti melakukan tindak lanjut pembelajaran pada siklus 2 dengan nilai rata-rata mencapai 80,84 dengan bobot skor sebesar 970. Hal ini, telah tercapai KKM yang diterapkan dikelas. Sehingga model Contextual Teaching and Learning sangat baik diterapkan pada pembelajaran di Sekolah Dasar