Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang

Authors

  • Sapri Tajuddin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Sam Hermansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nurlina Angreani Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.35326/jsip.v1i2.765

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang dan Kepuasan Pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.

Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pasien rujukan rawat jalan dan kunjungan rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Panca Rijang yaitu 2,114 orang. Sampel yang di gunakan peneliti adalah 95,48 dibulatkan 95 responden, diambil berdasarkan teknik insidental sampling. Adengan Tipe penelitian Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan dimana data yang digunakaan adalah hasil observasi, quisioner, wawancara dan studi kepustakaan. Data yang yang terkumpul kemudian digunakan dengan cara teknik analisis data, dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows dan  Skala Likert.

Penelitian ini menunjukkan hasil  bahwa kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang dengan rekapitulasi 58,12% dikategorikan kurang baik. kepuasan pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang dengan rekapitulasi 63,2% dikategorikan baik, meski demikian, diketahui bahwa terdapat masalah pada indikator lokasi 60,4%, fasilitas 57%, imange 60%. Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang  dengan nilai thitung ≥ ttabel1.740 ≥ 1.661 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya berpengaruh/signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-25

How to Cite

Tajuddin, S., Hermansyah, S., & Angreani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Studi Ilmu Pemerintahan, 1(2), 46–53. https://doi.org/10.35326/jsip.v1i2.765