ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK PADA PT. KENDARI BINTANG LESTARI CABANG BAUBAU

Authors

  • Muhammad Idham Kamal Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nining Asniar Ridzal Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jiam.v1i1.241

Keywords:

Biaya Pemasaran, Profitabilitas, Jenis Produk

Abstract

Biaya pemasaran adalah meliputi semua biaya yang terjadi sejak barang selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang dan barang tersebut dirubah kembali dalam bentuk yang tunai. Profitabilitas adalah Penghasilanyangdiinginkanoleh perusahaandalammenjual produknyapadaperiodeakuntansitertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar biaya pemasaran dan alokasi biaya pemasaran setiap jenis produk serta seberapa besar profitabilitas yang didapat dari tiap jenis produk. Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan dari penelitian ini adalah :Alokasi biaya pemasaran setiap jenis produk berdasarkan fungsi pemasaran untuk periode tahun 2013 sampai 2015 cenderung selalu mengalami peningkatan.Berdasarkan uraian analisa biaya pemasaran dan profitabilitas berdasarkan jenis produk dapat diketahui bahwa biaya pemasaran yang telah dikeluarkan oleh PT. Kendari Bintang Lestari belum dikelola dengan baik.Hal ini terlihat bahwa biaya yang keluar untuk kegiatan pemasaran banyak digunakan untuk kebutuhan karyawan, sedangkan untuk produk hanya sedikit.Dari analisa profitabilitas berdasarkan jenis produk dapat diketahui bahwa produk springbed lebih menguntungkan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-09

How to Cite

Kamal, M. I., & Ridzal, N. A. (2019). ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK PADA PT. KENDARI BINTANG LESTARI CABANG BAUBAU. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 1(1), 73–87. https://doi.org/10.35326/jiam.v1i1.241