FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY LINKAJA SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN ELEKTRONIK

Authors

  • Riana Mahfuroh Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
  • Aditya Pandu Wicaksono Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/jiam.v3i2.1053

Keywords:

Dompet Elektronik, Pembayaran elektronik, TAM, Kepuasan, Kepercayaan

Abstract

Akselerasi perkembangan teknologi digital membawa perubahan pada perilaku konsumen dalam melakukan transaksi keuangan. Perubahan preferensi transaksi keuangan dari offline menjadi online mendorong berkembangnya berbagai aplikasi dompet elektronik, salah satunya yaitu LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati intensi penggunaan LinkAja sebagai alat pembayaran elektronik. Kuesioner elektronik dibagikan kepada para pengguna aplikasi LinkAja untuk dianalisis. Seluruh kuesioner yang terisi dengan lengkap kemudian dianalisis dengan menggunakan SmartPLS. Penelitian ini mendukung teori Technology Acceptance Model (TAM). Perceived Usefulness dan Ease of Use terbukti secara positif mempengaruhi intensi penggunaan LinkAja. Selain itu, Ease of Use memberikan dukungan yang berarti terhadap Perceived Usefulness pengguna untuk menggunakan LinkAja. Hubungan Satisfaction secara positif berpengaruh terhadap Trust. Adapun temuan yang tidak berpengaruh secara signifikan perlu dilakukan investigasi lebih lanjut. Satisfied dan Trust tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Intention to Use. Sementara, Satisfied tidak memiliki asosiasi langsung terhadap intensi penggunaan LinkAja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Mahfuroh, R., & Wicaksono, A. P. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY LINKAJA SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN ELEKTRONIK. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(2), 160–173. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i2.1053