Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Antecedent Control Procedures Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah

Authors

  • Hikmahyasi Hikmah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samsaifil Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/frame.v4i01.7464

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan manajemen waktu siswa, mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik antecedent control procedures, serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan manajemen waktu siswa kelas X SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dengan sampel sebanyak 8 siswa yang berada dalam kategori rendah dalam manajemen waktu. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum diberikan treatment (pre-test), mayoritas siswa berada dalam kategori sedang (72%), tinggi (15%), dan rendah (13%). Sebanyak 8 siswa dalam kategori rendah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik antecedent control procedures selama empat pertemuan, yang mencakup aspek menetapkan tujuan, menyusun prioritas, menyusun jadwal, bersikap asertif, bersikap tegas, menghindari penundaan, dan meminimalkan waktu yang terbuang. Hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan dengan 88% siswa mencapai kategori tinggi dan 12% dalam kategori sedang. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan posttest dengan nilai p = 0.012 (p<0.05), yang mengindikasikan bahwa teknik antecedent control procedures efektif dalam meningkatkan manajemen waktu siswa kelas X SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Manajemen Waktu, Antecedent Control Procedures.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N., & Tedjasaputra, M. S. (2020). Penerapan Teknik Antecedent Control Untuk Meningkatkan Toilet Training Pada Anak Dengan Masalah Konstipasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 101.

Bunda, T. P., & Sano, A. (2023). Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Neo Konseling, 5(2), 59.

Donna Jesika Gulo & Maryatun Kabatiah (2024). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMA Swasta Gajah Mada. J CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 968–980. Doi: 10.56799/Jceki.V4i1.6026

Jannah, M., & Alam, F. A. (2023). Pengaruh Layanan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 33 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 27–38.

Riyani, R. S. (2020). Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI IPS 5 SMA 1 Gebog Kudus (Skripsi, Universitas Muria Kudus).

Karimah, I., & Tedjasaputra, M. S. (2023). Behavior Modification Intervention With Antecedent Control Technique To Improve Toilet Training in Toilet Resistant Children. Jurnal Psikologi, 12(3)

Kurtz, P. F., Boelter, E. W., Jarmolowicz, D. P., Chin, M. D., & Hagopian, L. P. (2017). A Functional Analysis of Problem Behavior and the Use of Antecedent Modifications to Decrease Problem Behavior in Individuals with Autism Spectrum Disorders. Journal of Applied Behavior Analysis, 50(1), 15–27.

Santrock, J. W. (2020). Adolescence (17th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Syafii, M., Handayani, D., Nurliana, Samsia, Sutriani, Isnaini, I., & Sadila, S. (2025). Manajemen Waktu dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(2), 1465–1475.

Zaki, A. (2021). Manajemen Waktu Pada Masa COVID-19 (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Suska Riau).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hikmah, H., & Samsaifil. (2025). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Antecedent Control Procedures Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 4(01), 328–334. https://doi.org/10.35326/frame.v4i01.7464